Saturday, April 2, 2011

Hati-Hati Virus "Liza Moon" Kuras kartu kredit anda penyebaran scam antivirus 2011

Hati-Hati Virus "Liza Moon" Kuras kartu kredit anda penyebaran scam antivirus 2011 - Sebuah virus komputer kini tengah menyebar masif menginfeksi ratusan ribu alamat situs web di seluruh dunia. Hati-hati dengan penyebaran virus yang disebut "Liza Moon" ini karena bisa menguras kartu kredit Anda.

Liza Moon memang tidak membahayakan langsung komputer korban. Virus tersebut mengelabui korban dengan seolah-olah memberikan bantuan antivirus. Ia akan menampilkan informasi ancaman apa saja yang ada di komputer korban dan menawarkan bantuan untuk mengatasinya. Namun, saat diklik, korban harus membayar dulu dengan kartu kredit.

"Penipuan menggunakan scam antivirus yang sangat tradisional," kata Patrick Runald, peneliti keamanan digital dari Websense seperti dilansir eWeek. Ia mengatakan, pada 31 Maret 2011, virus yang disebarkan dengan teknik SQL injection itu telah menginfeksi lebih dari 500.000 alamat situs web. Ini merupakan penyebaran scam paling cepat di web dalam beberapa tahun sejak serangan yang sama tahun 2008 dan 2009.

Websense telah memantau penyebaran virus tersebut sejak 29 Maret 2011 karena penyebarannya sangat masif. Saat dideteksi pertama kali, baru ada 28.000 alamat situs web yang terinfeksi, tetapi jumlahnya bertambah sangat besar dari hari ke hari melalui situs yang menggunakan CMS dan mesin web versi lama. Situs web yang terinfeksi akan membawa pengunjung ke halaman web yang memberitahukan bahwa situs yang dikunjungi mengandung malware dan link untuk mengunduh antivirus palsu.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts

free counters