Thursday, March 17, 2011

Menunggu Pertarungan Firefox 4 vs Internet Explorer 9 22 Maret 2011 tanggal Pilihan Mozilla

Menunggu Pertarungan Firefox 4 vs Internet Explorer 9 22 Maret 2011 tanggal Pilihan Mozilla - Internet Explorer 9 (IE9) resmi melenggang beberapa hari lalu dan mencetak 2,35 juta kali unduhan dalam penampilan perdananya. Seakan tak ingin IE9 terus berlari lepas, Mozilla pun telah menentukan hari kelahiran browser andalannya, Firefox 4. Baca juga Internet Explorer 9 "IE9" Diunduh 2,35 Juta Kali Dalam 24 Jam.

Adalah tanggal 22 Maret 2011 yang dipilih Mozilla sebagai hari kedatangan browser si 'rubah api' versi tergress tersebut.

"Firefox RC1 telah diterima dengan hangat oleh publik. Sekarang saatnya menentukan waktu peluncuran. Tak ada lagi isu-isu negatif yang kini bisa menghentikan perubahan RC1 menjadi versi final," tukas Damon Sicore, Senior Director of Platform Engineering Mozilla, dikutip detikINET dari PC World,Kamis (17/3/2011).

"Tim Firefox telah menjadwalkan meeting untuk menentukan kapan hari peluncuran FIrefox 4. Tim IT dan marketing mengindikasikan tanggal 22 Maret untuk menjadi hari peluncuran finalnya," imbuh Sicore.

Tentu saja kehadiran Firefox 4 begitu dinanti, apalagi setelah berbagai ujicoba yang sudah menghabiskan hingga 12 seri beta, 1 versi release candidate, dan tambahan 10 bulan pengerjaan.

Firefox 4 sendiri sedianya direncanakan untuk dirilis sekitar Oktober atau November tahun lalu, namun apa daya, rencana tinggallah rencana. Dengan dalih masih melakukan pengembangan fitur baru dan peningkatan kemampuan, kedatangan Firefox 4 pun terpaksa ditunda.

Tercatat, sejak menghadirkan seri beta pertamanya pada Juli 2010 lalu, Firefox 4 dilaporkan sudah menambal lebih dari 8.000 bug (celah).

Mozilla pastinya begitu berharap kehadiran Firefox 4 ini akan kian mengangkat pamor browsernya di ranah internet. Terlebih untuk memenangkan pertarungan dengan IE9 yang baru saja dikeluarkan Microsoft. Bahkan produk anyar ini disebut sebagai major upgrade bagi Mozilla.

Secara fitur, Firefox 4 akan menghadirkan arsitektur plug-in bernama JetPack, performa JavaScrpit yang semakin ngebut, dan dukungan luar biasa untuk HTML5, termasuk Google WebM HTML5 video format. Untuk interface, Mozilla memilih untuk melakukan redesain dan ingin tampil lebih minimalis.

Sudah pasti, persaingan antara Firefox 4 vs IE9 bakal menarik untuk disimak. Sebab, keduanya dikatakan sama-sama mewakili browser di era modern. Kira-kira siapa yang akan menang?

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts